Hal yang Harus Diketahui Wanita Ketika Hamil

Posted by Unknown on Tuesday, August 14, 2012

Banyak mitos ketika wanita hamil yang mengatakan apakah ini boleh atau tidak. Seperti berpuasa atau diet apakah diperbolehkan. Jawabnya adalah boleh-boleh saja, tapi sebaiknya dihindari. Pada aturannya yang dimaksud diet saat hamil adalah makanlah diet dengan seimbang yang dimana ibu hamil itu harus memakan banyak buah-buahan dan sayuran, protein karbohidrat serta cairan yang cukup.

Lalu, apakah ada maka yang perlu dihindari oleh ibu hamil? Sebenarnya, ibu hamil tidak punya pantangan makanan tertentu. Tapi, ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makanan yang berasal dari keju yang sangat lembek atau keju dari susu mentah. Makanan-makanan ini dikhawatirkan cepat busuk, sehingga mengandung bakteri yang disebut lysteria.

Bakteri inilah yang sering dihubungkan dengan kemungkinan penyebab keguguran atau persalinan dini. akan tetapi, Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti: salmonella, toksoplasmosis, listeria,  E.coli, yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan Anda

Ini adalah beberapa contoh makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil,  diantaranya :

Junk Food
Makan sejenis ini hanya dapat menambah kalori tanpa manfaat nutrisi yang jelas. contohnya, hindari makanan seperti donat dan lebih baik konsumsi buah-buahan saja.

Alkohol dan kafein
Kedua minuman ini dapat mencegah penyerapan asam folik dan zat besi yang sangat penting untuk kehamilan. namun, alangkah baiknya dikurangi dalam mengkonsumsi keduanya ini karena dapat menyedot kalsium dari tulang ibu hamil yang efeknya berdampak tehadap janin yang bisa berakibat panjang.

Adkitif (zat penambah)
Banyak makan yang sudah diproses mengandung pengawet, penyedap,pewarna, dan bahkan hormon serta antibiotik. aditif kebanyakan aman dikonsumsi saat hamil namun adapun juga aditif yang harus diwaspadai, diantaranya adalah :

Monosodium glutamate (MSG) atau vetsin
Proses pembuatannya yang memakai bahan kimia bisa berbahaya bagi janin

Sea Food
Ikan mungkin sehat untuk dimakan, tapi ada beberapa ikan yang harus dihindari : kerang, hiu, ikan yang ditangkap sendiri, serta ikan yang berukuran besar yang dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Telur dan Daging Mentah

jauhilah telur setengah matang serta daging mentah karena karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin

Teh Herbal
Karena teh yang terbuat dari bahan herbal seperti daun raspberry dapat menyebabkan kontraksi. (kompasiana)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment