Vaksin TBC Bisa Lindungi Penderita HIV

Posted by Unknown on Sunday, January 31, 2010

Penyakit Tuberculosis atau TB (TBC) adalah penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian penderita HIV. Tapi dengan adanya vaksin TB, penderita HIV pun bisa terlindungi dari risiko kematian akibat penyakit tersebut.

Dalam laporan terbaru yang dimuat di Journal AIDS, peneliti dari Tanzania mengatakan, vaksin TB bisa mengurangi 39 persen penyakit tersebut pada sekitar 2.000 penderita HIV di Tanzania.

Kolaborasi para peneliti dari Muhimbili University of Health and Allied Science (MUHAS) dan Dartmouth and Dar es Salaam (Dardar) selama 7 tahun akhirnya menyimpulkan bahwa vaksin TB bisa menyelamatkan nyawa penderita HIV.

"Kami sangat senang dengan hasil studi ini. Ini adalah kabar baik bagi penderita HIV, terutama bagi mereka yang hidup di lingkungan penderita TB," ujar Kisali Pallangyo, peneliti senior dari MUHAS.

TB adalah penyebab kematian penderita HIV paling umum di negara berkembang. Orang yang baru terinfeksi HIV sangat rawan terkena TB.

Berdasarkan hasil studi ini peneliti menyarankan agar penderita HIV divaksin TB terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat anti retroviral (ARV).

Peningkatan produksi vaksin TB pun menurut peneliti sangat diperlukan untuk mencegah risiko komplikasi kematian HIV akibat TB.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment