Kenali Penyakit Kista & Cara Pengobatannya

Posted by Unknown on Sunday, January 17, 2010

Pengenalan
Ada dua hal yang harus dipahami untuk memahami penyakit ini. Pertama, memahami indung telur, dan kedua kista.

Indung telur dimiliki tiap wanita, jumlahnya ada 2 di sebalah kanan dan kiri. Besarnya, sebesar biji kenari. Indung telur berisi ribuan telur yang masih muda. Tiap bulan telur muda itu kemudian membesar dan matang. Saat pembuahan (ovulasi), telur yang matang ini keluar melaui saluran terlur menuju ke rahim.

Apabila sel telur yang matang ini tidak dibuahi, telur yang muda tadi akan mengecil dan menghilang dalam waktu 2-3 minggu dan akan terus berulang sesuai siklus haid seorang wanita. Jika terdapat gangguan proses siklus tersebut maka akan terjadi apa yang dinamakan kista. Jadi, kista bukan semacam kanker.



Gejala
Materialnya berupa cairan atau setengah cair. Kista ini akan menyebabkan kesakitan jika terpuntir, atau pecah. Jika tidak terpuntir atau pecah, kista ini tidak menimbulkan gejala apapun. Namun bila pecah, penderita biasanya akan mengalami sakit pada perut saat haid.

Pengobatan
Kista pada umumnya tidak akan menjadi ganas, namun tetap harus diwaspadai kemungkinannya berubah jadi ganas. Biasanya kista ini akan sembuh dengan sendirinya dalam 60 hari.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment